me n my frend

17 Februari 2010

Diposting oleh zaqia



1. PEMANFAATAN TIK
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media. jadi, kita dapat memanfaatkan TIK utk :
1. motivasi kita untuk mengevaluasi dan mempelajari TIK sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. mengajarkan kita utk beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, jadi kita bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari secara mandiri dan lebih percaya diri. (misalnya browsing kabar-kabar terkini melalui internet, belajar atau diskusi online, dll)
3. memudahkan cara belajar kita (berdasarkan penjelasan no.2)
4. proses pembelajaran yg kita lakukan menjadi lebih optimal, menarik, terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. dapat melatih kemampuan kita untuk belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab. sehingga tidak ketinggalan jaman.

Aplikasinya ke dalam bentuk :

1. Presentasi
dgn memanfaatkan ms. power point
(hal ini sudah biasa kita lakukan utk meringkas pelajaran dan didiskusikan di depan kelas)
2. Demonstrasi
Demontrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen
3.Virtual Experiment
Maksud dari virtual eksperimen disini suatu kegiatan laboratorium yang dipindahkan di depan komputer
4. Kelas virtual
Maksud kelas virtual adalah siswa belajar mandiri yang berbasiskan web, misalnya menggunakan moodle.

sungguh besar peranan TIK bagi pembelajaran di sekolah, jadi tergantung masing-masing dari kita menggunakannya, untuk mencapai hasil yang maksimal.


2. PEMANFAATAN SAINS
Pemanfaatan Sains di sekolah kita, yaitu dgn penggunaan laboratorium IPA (fisika dan biologi) yg memungkinkan kita lebih memahami materi dgn praktek, jadi tidak hanya hafalan semata.



3. PEMANFAATAN SENI
Pemanfaatan seni di sekolah kita dpt dibagi mnjadi 3 aspek:
a. seni rupa :
dgn memanfaatkan keterampilan tangan.
misalnya, menggambar, membatik, anyaman, dll.
guru seni rupa sering memberi tugas menggambar dsb.
setiap hasil karya yg terbaik di kelas, akan di pajang di mading sekolah atau di jadikan inventaris sekolah. tentunya mendapat nilai tambahan dari guru yb bersangkutan. (ibu tanti.red)
b. seni tari :
dgn memanfaatkan keterampilan gerak.
untuk siswa kelas 7, menari dgn tarian tradisional (jawa).
siswa kelas 8, menari dgn tarian dari Indonesia.
sedangkan siswa kelas 9, menari dgn tarian kreasi bebas (manca/indonesia). dengan 4 kali penilaian satiap semester oleh guru yg bersangkutan (ibu tutik.red), kegiatan penilaian ini dpt melatih siswa utk mengembangkan kreatifitas gerak dan ide-ide siswa sekaligus menjadi sarana "refreshing" bagi siswa. biasanya, hasil karya tari yg terbaik, akan dipilih dan ditampilkan pada pentas seni akhir tahun.

c. seni musik :
dgn memanfaatkan keterampilan suara dan memainkan alat-alat musik.
pelajaran ini juga menjadi sarana "refreshing" bagi siswa.

0 komentar:

Posting Komentar